Minggu, 18 November 2012

perangkat lunak


PERANGKAT LUNAK SISTEM (SYSTEM SOFTWARE)


Perangkat lunak sistem harus terinstal lebih dahulu sebelum perangkat kunak lainnya. Perangkat lunak sistem berfungsi untuk membantu komputer mengerjakan tugas operasional utama serta memungkinkan perangkat lunak aplikasi bisa berjalan. perangkat lunak sistem ini terdiri dari beberapa program yang dikodekan secara elektronik. yang paling penting adalah sistem operasi, yaitu program kontrol utama untuk menjalankan komputer. contoh sistem operasi untuk PC adalah ragam produk Microsoft (misalnya Windows 95, XP, Vista, maupun 7), Unix dan Linux. Mikrokomputer Apple Macintosh adalah contoh lain karena mempunyai komponen perangkat keras dan perangkat lunak tersendiri yang tidak bisa ditransfer ke PC.
Perangkat lunak sistem tersedia dalam bentuk CD. untuk itu, Cd tersebut dimasukkan ke CD drive dan instalasi dilakukan sesuai panduan yang tertera di layar. (instalasi adalah proses menyalin program perangkat lunak dari media penyimpanan sekunder- misalnya CD- ke dalam hard disk komputer, sehingga kita dapat mengakses perangkat keras tersebut secara langsung.)
Setelah instalasi berjalan sukses, perangkat lunak untuk hard drive, kartu video, kartu suara dan modem juga harus diinstal. Program ini disebut Driver Perangkat kerasn tersedia dalam bentuk CD maupun Disket. Caranya serupa, yaitu installer dimasukkan dalam drive dan proses instalasi selanjutnya cukup dilakukan dengan mengikuti petunjuk dilayar.
XP Service Pack
Microsoft Windows XP Service Pack
Vista Home Premium Service Pack
Microsoft Windows Vista Home Premium Service Pack

Tidak ada komentar:

Posting Komentar