Minggu, 03 Februari 2013

Pengantar Teknologi Informasi  Pengetahuan Dasar Komputer

 Pengantar
Teknologi Informasi
 Pengetahuan Dasar Komputer
 Konsep Komputer
 Asal kata komputer
 Dari bahasa latin ‘computare’ yang artinya menghitung (to compute)
 Orang yg melakukan perhitungan aritmetika, dg atau tanpa alat/mesin bantu
 Komputer adl perangkat elektronik yg dapat menerima masukan dan selanjutnya melakukan pengolahan untuk menghasilkan keluaran
 Perangkat utama komputer adl :
 Perangkat Input
 Perangkat Proses
 Perangkat Output, dan
 Perangkat Penyimpanan
 Sistem Komputer
 Agar komputer bisa difungsikan secara komprehensif dalam menjalankan tugasnya, perlu Sistem
Komputer.
 Sistem Komputer
 Kumpulan elemen-elemen komputer yang saling berhubungan dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dg tujuan menghasilkan informasi sesuai dg yang diharapkan.
 Pengolahan data pada sistem komputer terdiri dari 3 tahap dasar
 Pemasukan data
 Pengolahan data
 Pengeluaran hasil
 Elemen Sistem Komputer
 Elemen Sistem Komputer
 Hardware
 Perangkat yg secara fisik terlihat dan bisa diraba
 Software
 Program yang berisi instruksi untuk pengolahan data
 Brainware
 Manusia sbg operator
 Hardware dikendalikan brainware dengan bantuan software



 Teknologi Informasi
 Teknologi Informasi = Komputer ???
 Teknologi Informasi
 SI → TI
 Pengolahan informasi yang berbasis pada teknologi komputer
 Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama u/ mengolah data menjadi informasi

 Manfaat Komputer
 Bidang Pendidikan
 Bidang Industri
 Bidang Bisnis dan Perbankan
 Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
 Bidang Penerbangan
 Bidang Kemiliteran
 Bidang Kedokteran
 Bidang Kriminalitas
 Bidang Pemerintahan
 Manfaat Komputer
 Bidang Pendidikan
 Media pembelajaran interaktif
 E-Learning; E-Book; E-library; Virtual Lab
 Bidang Industri
 Desain produk dg CAD maupun CAM
 Robot perakit
 Bidang Bisnis dan Perbankan
 SIM
 ERP
 Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
 Simulasi dan Pemodelan
 Bidang Penerbangan
 Autopilot
 Bidang Kemiliteran
 Persenjataan
 Pencetus konsep-konsep komputer
 Bidang Kedokteran
 Komputer DNA
 Bidang Kriminalitas
 Pelacakan pelaku kejahatan
 Bidang Pemerintahan
 E-Government
 Karakteristik Komputer
 Tidak memiliki emosi
 Bisa menerima sembarang masukan
 Tidak akan jenuh
 Mampu menyimpan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yg lama
 Mampu mengurutkan dan mencari data dalam waktu singkat
 Mampu mengolah data yang besar dengan cepat dan akurat
 Komputer
 Keunggulan
 Ketepatan komputasi
 Kecepatan pemrosesan yang terus bertambah
 Kapasitas yang makin meningkat
 Ketahanan kerja
 Kekurangan
 Statis (Tidak bisa dinamis seperti manusia)
 Beresiko diambil alih user yg tidak berhak
 Mempersempit lapangan kerja
 Kesalahan terjadi pada komputer, jika:
 Komponennya ada yg rusak
 Kesalahan input data (Garbage In Garbage Out)
 Kerusakan data dan/atau software
 Ilmu Komputer
 Menurut Edsger Djikstra :
 “Computer science is no more about computers than astronomy is about telescopes”

 Menurut Donald Knuth :
 “What is computer science? It's a study of algorithm”

 Dasar ilmu komputer :
 Matematika (metode analisis)
 Teknik (metode desain)
 Sub Bidang Ilmu Komputer
 Algoritma dan Struktur Data
 Arsitektur
 Rekayasa Perangkat Lunak
 Kecerdasan Buatan dan Robotika
 Interaksi Manusia dan Komputer
 Organisasi Informatika
 Bahasa Pemrograman
 Sistem Operasi dan Jaringan
 Basis Data
 Grafika Komputer
 Ilmu Komputasi
 BioInformatika
 Dengan perkembangan komputer yg sangat pesat, sub bidang tersebut masih sangat mungkin bertambah
 Dalami dan kuasai 1 bidang tertentu. Be a specialist!
 Ilmu Komputer dapat direfleksikan dalam 3 hal : teori, abstraksi dan desain.
 Teori
 Berlandaskan pendekatan matematika.
 Untuk mendapatkan teori yg valid, proses-prosesnya adalah :
 Definisi
 Teorema
 Pembuktian
 Penginterpretasian hasil
 Abstraksi (Pemodelan)
 Investigasi terhadap suatu fenomena.
 Prosesnya :
 Hipotesis
 Membuat model dan prediksi
 Mendesain eksperimen dan pengumpulan data
 Analisis hasil
 Desain
 Pendekatan teknik
 Prosesnya :
 Menentukan persyaratan
 Menentukan spesifikasi
 Merancang dan mengimplementasikan sistem
 Mengetes sistem
 Peneliti Ilmu Komputer bermain pada tataran konsep dan abstraksi
 Praktisi Ilmu Komputer bermain pada tataran abstraksi dan desain
 Kesalahan Persepsi Ilmu Komputer
 Ilkom adalah Ilmu yg mempelajari tentang komputer
 Komputer hanyalah alat dari ilmu komputer
 Ilkom adalah ilmu tentang menulis program
 Ilkom adalah ilmu yang mempelajari penggunaan aplikasi
 Aplikasi jumlahnya ribuan

 Jenis SDM Bidang Informatika Menurut PBB
 IT Worker (ITW)
 Mereka yang memiliki kompetensi dan keahlian khusus untuk melahirkan karya cipta (inovasi) di bidang informatika, seperti: program, aplikasi, algoritma, perangkat keras, metodologi, pendekatan implementasi, dan lain sebagainya

 IT Enabled Worker (IEW)
 Mereka yang memiliki ketrampilan dalam menggunakan TI untuk membantu serta menunjang aktivitas mereka sehari-hari

 Analoginya adalah seperti teknisi pembuat mobil dengan pengendara mobil.
 Perguruan Tinggi vs
Lembaga Kursus
 Perguruan tinggi adalah institusi yang melahirkan calon-calon ITW
 Lembaga-lembaga kursus formal maupun informal lainnya di bidang TIK akan melahirkan calon-calon IEW.
 Industri TIK nasional akan sangat bergantung pada kemampuan ITW dalam berinovasi. Sementara tingkat efektivitas dan efisiensi sebuah perusahaan di beragam industri sangat ditentukan oleh kehandalan IEW-nya dalam memanfaatkan TIK
 Tipe Profesi Lulusan Informatika
 Karyawan
 Dari level staf hingga tingkatan yang lebih tinggi (baca: manajemen)
 Wiraswastawan (baca: entrepreneur)
 Membangun usaha mandiri atau menciptakan lapangan kerja bagi orang lain
 Profesional
 Freelancer yang siap dalam format pekerjaan berbasis proyek atau program;
 Birokrat
 Pegawai negeri atau karyawan pemerintahan
 Akademisi
 Pengajar, dosen, atau peneliti di berbagai institusi pendidikan tinggi
 Karyawan
 Dulu
 Hanya dikenal 3 jenjang karier, yaitu: System analyst, Programmer dan Operator
 Sekarang

 Wiraswastawan
 Pencipta dan/atau Pengembang Produk Perangkat Keras (Hardware)
 Pencipta dan/atau Pengembang Produk Perangkat Lunak (Software)
 Pencipta dan/atau Penyedia Jasa‐Jasa Informatika (Services)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar